RSS

Mengenal ScribeFire Blog Editor dan Cara Menggunakannya

20 Jan

Pada postingan terdahulu telah dituliskan cara menginstal ScribeFire Blog Editor serta bagaimana mendaftarkan blog yang kita miliki agar bisa di-publish-kan lewat ScribeFire tanpa harus masuk ke admin blog.

Sekarang kita coba mengenal ScribeFire lebih jauh, buka Firefox, pada kanan bawah ada ikon kertas dan pensil berwarna kuning, arahkan mouse ke ikon tersebut, klik kanan mouse, bisa pilih misalnya Open in Window, bisa juga dibuka dengan menekan tombol F8, setelah terbuka akan tampil seperti gambar berikut:





Cara menggunakan ScribeFire untuk membuat postingan:

Title: isi sesuai denga judul post yang kamu inginkan
Membuat kategori: klik Categories> klik Add Category, tulis kategori yang diinginkan
Tags: isi sesuai kebutuhan, jika lebih dari satu, pisahkan dengan tanda koma

Untuk menulis isi, hampir sama ketika menggunakan MS. Word jika menggunakan mode Rich Editing (simbol A di kiri atas, jika ingin berpindah ke mode Source Editing pilih simbol <A> ) disamping bisa memanfaatkan pengaturan yang tampak di tool bar bisa juga menggunakan klik kanan mouse.

jika ingin memotong tulisan agar yang tampak hanya sebagian kecil saja pada frontpage, klik kanan mouse pilih Insert> Custom HTML tulis !–more– tanda pisahnya masing-masing ada dua berjejer sebelum dan sesudah kata more tanpa tanda kurung siku, ditempat dimana tulisan akan di penggal, kode ini tidak akan tampak pada mode Rich Editing, untuk melihat kode yang telah ditambahkan pindahkan ke mode Source Editing akan tampak kode <!–more–> pada tempat dimana kita telah menambahkan kode tersebut.

Setelah selesai bisa disimpan dengan klik Save Note atau langsung mem-publish-kannya dengan klik Publish to ….(pastikan pada nama blog yang telah didaftarkan telah ditandai dan koneksi internet telah diaktifkan) ikuti perintah selanjutnya, sampai selesai.

Untuk melihat kembali tulisan yang telah disimpan klik Entries> Notes di bagian kanan atas, pilih judul tulisan yang ingin ditampilkan.

Default tampilan ScribeFire bisa diubah dengan klik ikon Obeng> General> By default, open ScribeFire in: pilih split-screen mode, a new window atau a new tab , pengaturan lain sesuai kebutuhan atau biarkan saja apa adanya, klik OK, setiap kali membuka dengan tombol F8  atau ikon ScribeFire di kanan bagian bawah halaman Firefox tampilannya akan sesuai default yang telah kita pilih.
 

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 20, 2010 in Belajar WordPress

 

Tag: , ,

One response to “Mengenal ScribeFire Blog Editor dan Cara Menggunakannya

  1. aguskusuma

    Januari 21, 2010 at 1:14 pm

    thx tipnya
    bisa dicoba dulu nih

    salam

     

Tinggalkan Komentar Anda. Usahakan tidak menggunakan bahasa SMS yang penuh singkatan. Terimakasih atas kunjungannya.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: