RSS

Mempercepat Loading Halaman Web di PC dan Memperkecil Transfer Data

04 Feb


Mempercepat koneksi internet atau mempercepat loading halaman web dan memperkecil transfer data.

Jika memiliki koneksi internet yang lambat, misalnya menggunakan modem GPRS, atau menggunakan handphone sebagai modem dan jaringan yang tersedia cuma GPRS, untuk membuka sebuah halaman web yang full gambar akan terasa sangat lambat. Untuk mengakalinya bisa dengan menambah software compressor guna mengurangi transfer data.

Aku pernah mencoba dengan toonel + Firefox, transfer data yang dikompres sekitar 19 – 40 %, sedikit lebih cepat sih. Walaupun telah dikompres hingga 40% , masih terasa besar transfer datanya, kuota bisa cepat habis (jika menggunakan paket Volume Base, kecuali yang unlimited).

Jika mau lebih irit lagi seperti ketika berinternet menggunakan handphone, bisa coba dengan microemulator + operamini di PC/Laptop. Disebutkan bahwa operamini bisa mengompres transfer data hingga 90% jika browsing tanpa gambar.

Yang jelas browsing pakai operamini di PC bisa lebih cepat dan super irit meski dengan modem GPRS. Jika menggunakan operamini + microemulator, bisa menampilkan gambar dengan sempurna tidak seperti ketika menggunakan SjBoy + operamini. Trik ini lebih masuk akal ketimbang mengatur kecepatan pada posisi maksimal, tergantung kondisi jaringan…sih…

Software yang diperlukan adalah:

microemulator (versi sekarang microemulator 2.0.4) besar file sekitar 1,6 MB

Link download microemulator 2.0.4: http://mesh.dl.sourceforge.net/project/microemulator/microemulator/2.0.4/microemulator-2.0.4.zip

operamini lebih baik download langsung pakai PC (bisa pilih yang generic version) jika dikopikan dari opermini.jar yang telah terinstal diponsel nggak bakalan bisa jalan, kecuali jika yang dikopikan berupa file zip atau rar setelah itu baru diekstrak di PC.

JRE (Java Runtime Environment) ukuran file sekitar 16 MB, aku pilih yang instal manual (offline).

Download JRE http://www.java.com/en/download/manual.jsp

jika ingin download JRE pilih yang sesuai dengan sistem operasi pada komputermu.

Cara penggunaan:

– Pastikan JRE telah terinstal

– Ekstak file microemulator

– Tempatkan operamini pada folder apps bawaan microemulator, microemulator versi 2.0.4 bisa membuka file jar langsung ataupun file jad. Tidak seperti versi sebelumnya harus lewat file Jad saja, jadi ketika mendownload opermini file jad dan jar keduanya harus didownload dan mesti ditempatkan dalam folder yang sama (dalam hal ini di sub folder apps dari microemulator)

– Buka file microemulator jar, jangan yang microemulator source jar, jika JRE belum terinstal maka microemulator tidak bisa dibuka. Untuk bisa mengatur besar kecilnya ukuran layar: klik Options> Select device> pilih Resizable device> klik Set as default>OK> klik tombol Resize, isi sesui keinginan> OK, atau bisa dengan cara menarik sisi-sisinya untuk mengubah ukuran.

klik File> Open Midlet file> cari file operamini yang telah ditempatkan di folder apps tadi, setelah ketemu, sorot dan tekan Open> pada microemulator telah ada daftar file operamini, klik Start> Siap browsing….pastikan PC telah terhubung internet.

– Untuk mempermudah sewaktu membuka, buatlah shortcutkey pada microemulator jar dan letakan di desktop. Jika microemulator sebelumnya telah digunakan untuk membuka operamini, ketika microemulator telah dibuka, klik File> sorot Recent Midlets> klik yang ada pada daftar> Start, trus online online…

Catatan:
Biar tidak bosan, kau bisa bergantian menggunakan operamini 4.2 atau opmin 5 beta, atau operamini mod v.3.12 download aja ketiganya. Jika menggunakan opmin mod v.3.12 kau bisa menyimpan halaman web pada drive RMS. Jika menggunakan opmin 4.2 sebenarnya bisa juga untuk menyimpan halaman dengan menambahkan script tertentu pada file config2, ada yang berhasil menambahkan, namun waktu kucoba, gagal melulu.


WARNING!!!
Jika ada aplikasi yang diatur dengan update otomatis (misalnya antivirus), maka transfer data akan membengkak, sementara aturlah agar tidak ada aplikasi yang menerapkan update otomatis ketika terhubung internet. Kecuali kau menggunakan paket internet unlimited

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2010 in Internet

 

Tag: , ,

9 responses to “Mempercepat Loading Halaman Web di PC dan Memperkecil Transfer Data

  1. amadnoy

    Februari 5, 2010 at 6:59 am

    Makasih infonya…

    http://amadnoy.wordpress.com

     
  2. Agus RN

    Februari 6, 2010 at 4:54 pm

    on the way to tkp…

     
  3. setting gprs

    Februari 25, 2010 at 5:48 pm

    wah ok nich,cuman tambah lemod nggak ya kasesnya

     
  4. Teguh al Thegali

    Maret 12, 2010 at 12:22 am

    Wah……….. lama tak kunjung.

     
  5. mateus

    April 20, 2010 at 6:42 pm

    Aduh2 moga2 dijawab ya.saya pakai modem hp nokia e63 saya.waktu install dibilang no koneksi internet.padahak pc suite sdh aktifkan sambungan internet saya.ada yang bs bantu ngga?

    >> coba lihat jendela One Touch Access, lakukan sambungan lalu putuskan, kemudian sambungkan lagi, jika sudah tersambung lagi, selanjutnya coba buka halaman web, aku coba lakukan cara tsb dan biasanya berhasil…

     
  6. inung gunarba

    Mei 22, 2010 at 7:50 pm

    Trims, infonya. kayaknya bakal ngaruh karena aku pake Modem Flexinet speed 153 kbps qe3

     
  7. tahmid

    Agustus 2, 2010 at 7:51 pm

    Kenapa telkomflash kalau connect dia ada tampilan connect terminated apa ada yang alah pada computerku

     
  8. Lukisan Ikan Koi Murah

    Oktober 14, 2010 at 2:43 pm

    Info nya menarik, Patut di coba nih, Salam kenal🙂

     
  9. Ali Imron

    Juli 18, 2011 at 11:43 am

    aku kok ndak bisa buka microemulatornya ya?. Aku pake laptop baru beli windows7 starter, javanya dah ada.

     

Tinggalkan Komentar Anda. Usahakan tidak menggunakan bahasa SMS yang penuh singkatan. Terimakasih atas kunjungannya.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: