RSS

Distro Linux yang Cocok untuk Pemula

21 Jan

Distro linux yang cocok untuk pemula

Bagi pemula yang ingin mengenal linux umumnya bingung bagaimana memilih distro yang cocok diantara sekian banyak distro linux yang ada. Ada ratusan distro linux dapat kita lihat di distrowatch.com

Linux sekarang ini sudah sangat berkembang. Kemudahan dalam instalasi, tampilan yang user friendly, tak perlu direpotkan oleh virus, sudah banyak mengenali hardware tanpa install driver, bisa install berdampingan dengan windows (dualboot ataupun multiboot) bahkan bisa dicoba lebih dulu tanpa harus instal ke hardisk, yaitu dengan menggunakan live usb maupun live cd/dvd. Cara membuat medium instalasi ini pun sangat gampang, tutorialnya banyak tersebar di jagat maya.

Untuk pemula umumnya para senior merekomendasikan ubuntu atau linuxmint. Nenek moyang ubuntu adalah Debian, linuxmint sendiri adalah turunan ubuntu.

Linuxmint memiliki beberapa desktop environment diantaranya cinnamon, mate, kde, xfce. Cinnamon dan kde merupakan desktop yang berat, butuh spesifikasi komputer yang cukup tinggi berbeda dengan xfce yang merupakan desktop yang cukup ringan. Kalau aku lebih memilih Linuxmint KDE karena tampilannya yang cuantik, bisa langsung memutar mp3 tanpa install codec tambahan berbeda dengan ubuntu, harus install codec untuk bisa menikmati lagu.

Instalasi linuxmint kde membutuhkan spesifikasi komputer/notebook CPU minimal 1 GHz dan RAM minimal 1 GB. Sesuaikan system komputer apakah 32 bit atau 64 bit. Jika belum paham tentang ini, untuk lebih aman pilih yang 32 bit saja karena cocok untuk komputer yang mendukung system 32 bit maupun 64 bit.

Karena Linuxmint merupakan turunan dari ubuntu, perintah yang digunakan pada ubuntu umumnya berlaku pula untuk linuxmint. Terkadang command line diperlukan, tidak selalu, tergantung kebutuhan saja. Install aplikasi tambahan bisa melalui software management jika tersedia, jika enggan menggunakan command line.

Ada website yang biasa mengupas tentang linux, cobalah kunjungi noobslab.com

Untuk download linuxmint bisa kunjungi linuxmint.com

download torrent menurutku lebih aman, selama download dengan cara ini aku selalu mendapatkan file yang utuh tanpa corupt dan bisa ditunda kapan kita mau selama file tidak dihapus. Pastikan komputer telah terinstal aplikasi bittorent client misalnya utorrent. File ISO-nya cukup gede…rugi kan..kalau ditengah jalan ngadat, atau malah dapat file yang corupt, cari yang aman sajalah.

Asal tau saja, bukan kebetulan kalau linuxmint adalah distro linux yang paling populer saat ini, nomer wahid…versi distrowatch. Ah…sudahlah siapapun tak akan tahu lebih dalam tentang linuxmint ini tanpa mencobanya.

Selamat mencoba

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 21, 2014 in Linux

 

Tag:

One response to “Distro Linux yang Cocok untuk Pemula

  1. diana

    Januari 28, 2014 at 2:30 pm

    woww salah edit …..

     

Tinggalkan Komentar Anda. Usahakan tidak menggunakan bahasa SMS yang penuh singkatan. Terimakasih atas kunjungannya.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: