RSS

Apa Sajakah yang Menjadi Tanda-tanda Kiamat?

08 Jul


Tanda-Tanda Kiamat (Oleh: Iman Santoso, Lc)

Sesungguhnya setiap makhluk hidup – apakah itu manusia, hewan, atau tumbuh-tumbuhan- memiliki tanda-tanda dari akhir kesudahan hidupnya di dunia.

Tanda-tanda dekatnya kematian manusia adalah rambut beruban, tua, sakit, lemah. Begitu juga halnya dengan hewan, hampir sama dengan manusia.

Sedangkan tumbuhan warna menguning, kering, jatuh, lalu hancur. Demikian juga alam semesta, memiliki tanda-tanda akhir masanya seperti kehancuran dan kerusakan.

Saa’ah asalnya adalah sebagian malam atau siang. Dikatakan juga: Saa’at segala sesuatu berarti waktunya hilang dan habis.

Dari makna ini, maka saa’ah atau kiamat mengandung dua macam, yaitu :

Saa’ah khusus bagi setiap makhluk, seperti tanaman binatang dan manusia ketika mati; dan bagi sebuah umat jika datang ajalnya. Itu semua dikatakan telah datang saatnya.

Saa’ah umum bagi dunia secara keseluruhan ketika ditiup sangkakala, maka hancurlah segala yang di langit dan di bumi.

Bagaimana dengan kiamat yang sebenarnya?

Tentu saja lebih dahsyat, lebih besar, dan lebih mengerikan. Dan Alquran banyak menyebutkan tentang kejadian di hari kiamat.

Terjadinya kiamat adalah hal yang gaib. Hanya Allah saja yang tahu. Tidak satu pun dari makhlukNya mengetahui kapan kiamat, baik para nabi maupun malaikat.

Allah SWT. Berfirman,

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat.” (Luqman 34).

Maka ketika ditanya tentang hal ini, Rasulullah saw. Mengembalikannya kepada Allah swt.,

“Kepada-Nyalah dikembalikan pengetahuan tentang hari kiamat.” (Fushilat: 47)

Allah merahasiakan terjadinya hari kiamat, dan menerangkan bahwa kiamat akan datang secara tiba-tiba.

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui’.” (Al-A’raaf: 187)

Namun demikian, sesungguhnya Allah dengan rahmat-Nya telah menjadikan kiamat memiliki alamat yang menunjukkan ke arah itu dan tanda-tanda yang mengantarkannya.

“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?” (Muhammad: 18)

“Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka), atau kedatangan Tuhanmu atau kedatangan sebagian tanda-tanda Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: ‘Tunggulah olehmu sesungguhnya kami pun menunggu (pula’).” (Al-An’am: 158)

Maka tanda-tanda kiamat adalah alamat kiamat yang menunjukkan akan terjadinya kiamat tersebut. Dan tanda-tanda kiamat ada dua: tanda-tanda kiamat besar dan tanda-tanda kiamat kecil.

Tanda kiamat kecil adalah tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu yang relatif lama, dan kejadiannya biasa, seperti dicabutnya ilmu, dominannya kebodohan, minum khamr, berlomba-lomba dalam membangun, dan lain-lain. Terkadang sebagiannya muncul menyertai tanda kiamat besar atau bahkan sesudahnya.

Tanda kiamat besar adalah perkara yang besar yang muncul mendekati kiamat yang kemunculannya tidak biasa terjadi, seperti muncul Dajjal, Nabi Isa a.s., Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari Barat, dan lain-lain.

Para ulama berbeda pendapat tentang permulaan yang muncul dari tanda kiamat besar. Tetapi Ibnu Hajar berkata, “Yang kuat dari sejumlah berita tanda-tanda kiamat, bahwa keluarnya Dajjal adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar, dengan terjadinya perubahan secara menyeluruh di muka bumi. Dan diakhiri dengan wafatnya Isa a.s.

Sedangkan terbitnya matahari dari Barat adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan perubahan kondisi langit. Dan berakhir dengan terjadinya kiamat.” Ibnu Hajar melanjutkan, “Hikmah dari kejadian ini bahwa ketika terbit matahari dari barat, maka tertutuplah pintu taubat.” (Fathul Bari)

>>Tanda-Tanda Kiamat Kecil

Tanda-tanda kiamat kecil terbagi menjadi dua:

Pertama, kejadian sudah muncul dan sudah selesai; seperti diutusnya Rasulullah saw., terbunuhnya Utsman bin ‘Affan, terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman.

Kedua, kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah; seperti tersia-siakannya amanah, terangkatnya ilmu, merebaknya perzinahan dan pembunuhan, banyaknya wanita dan lain-lain.

Di antara tanda-tanda kiamat kecil adalah:

1. Diutusnya Rasulullah saw

Jabir r.a. berkata, “Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda, ‘(Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian.’ Beliau melanjutkan, ‘Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini.’ Rasulullah saw. mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)

2. Disia-siakannya amanat

Jabir r.a. berkata, tatkala Nabi saw. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata, “Kapan terjadi Kiamat ?” Rasulullah saw. terus melanjutkan pembicaraannya.

Sebagian sahabat berkata, “Rasulullah saw. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya.”

Berkata sebagian yang lain, “Rasul saw. tidak mendengar.” Setelah Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu, “Saya, wahai Rasulullah saw.” Rasulullah saw. Berkata, “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” Bertanya, “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasulullah saw. Menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR Bukhari)

3. Penggembala menjadi kaya

Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)

4. Sungai Efrat berubah menjadi emas

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata, “Barangkali akulah yang selamat.” (Muttafaqun ‘alaihi)

5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam

“Ada enam dari tanda-tanda kiamat: kematianku (Rasulullah saw.), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000.” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).

6. Banyak terjadi pembunuhan

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)

7. Munculnya kaum Khawarij

8. Banyak polisi dan pembela kezhaliman

“Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka.” (HR At-Tabrani)

9. Perang antara Yahudi dan Umat Islam

10. Dominannya Fitnah

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad).

11. Sedikitnya ilmu
12. Merebaknya perzinahan
13. Banyaknya kaum wanita

Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)

14. Bermewah-mewah dalam membangun masjid

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)

15. Menyebarnya riba dan harta haram

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram.” (HR Ahmad dan Bukhari)

>>Tanda-Tanda Kiamat Besar

Sedangkan tanda-tanda kiamat besar yaitu kejadian sangat besar dimana kiamat sudah sangat dekat dan mayoritasnya belum muncul, seperti munculnya Imam Mahdi, Nabi Isa, Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj.

Ayat-ayat dan hadits yang menyebutkan tanda-tanda kiamat besar di antaranya:

Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata, “Hai Dzulqarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” Dzulqarnain berkata, “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.” (Al-Kahfi: 82)

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82)

Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari ra, berkata: Rasulullah saw. muncul di tengah-tengah kami pada saat kami saling mengingat-ingat. Rasulullah saw. bertanya, “Apa yang sedang kamu ingat-ingat?” Sahabat menjawab, “Kami mengingat hari kiamat.” Rasulullah saw. bersabda,”Kiamat tidak akan terjadi sebelum engkau melihat 10 tandanya.” Kemudian Rasulullah saw. menyebutkan: Dukhan (kabut asap), Dajjaal, binatang (pandai bicara), matahari terbit dari barat, turunnya Isa as. Ya’juj Ma’juj dan tiga gerhana, gerhana di timur, barat dan Jazirah Arab dan terakhir api yang keluar dari Yaman mengantar manusia ke Mahsyar. (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Hari tidak akan berakhir, dan tahun belum akan pergi sehingga bangsa Arab dipimpin oleh seorang dari keluargaku, namanya sama dengan namaku.” (HR Ahmad)

Perbedaan antara tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar adalah :

Tanda-tanda kiamat kecil secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda kiamat besar.

Tanda-tanda kiamat kecil sebagiannya sudah terjadi, sebagiannya sedang terjadi dan sebagiannya akan terjadi.

Sedangkan tanda-tanda kiamat besar belum terjadi.

Tanda kiamat kecil bersifat biasa dan tanda kiamat besar bersifat luar biasa.

Tanda kiamat kecil berupa peringatan agar manusia sadar dan bertaubat.

Sedangkan kiamat besar jika sudah datang, maka tertutup pintu taubat.

Tanda-tanda kiamat besar jika muncul satu tanda, maka akan diikuti tanda-tanda yang lainnya. Dan yang pertama muncul adalah terbitnya matahari dari Barat.

Sumber: dakwatuna

 
65 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 8, 2009 in Religi

 

Tag: , , ,

65 responses to “Apa Sajakah yang Menjadi Tanda-tanda Kiamat?

  1. david darmanto

    Februari 10, 2010 at 11:19 am

    jangan taut brow. nantikan saja kedatangan Tuhan itu. dengan percaya Pada Yesus.

     
    • andi winawan

      Maret 2, 2012 at 10:00 am

      saya gak percaya dg yesus.krn saya muslim.tuhan tidak punya anak dan diper anak.yesus????????????????

       
    • muslim

      April 13, 2012 at 9:19 pm

      masa tuhan di gantung di dinding trus g pake celana lagi bgai mna dia bisa menolong kalian sdang kan buat nolong diri nya sendiri aja susah….

       
  2. aang

    Februari 11, 2010 at 8:45 pm

    kiamat??????hanya allah yang tau

     
    • dian

      Mei 19, 2012 at 5:35 pm

      betul katamu Aang karena kiamat itu adalah yang tahu adalah ragasia Allah SWTdan Nabi/Rasullulah

       
  3. geraldo

    Maret 22, 2010 at 3:04 pm

    kenapa sih kita perlu takut krn kiamatt hanya tuhan yang tahu

     
  4. ade

    April 11, 2010 at 1:10 pm

    aja pada ayem2

     
  5. mona n puput

    April 17, 2010 at 7:30 pm

    semoga dengan ada tanda2 kiamat itu kita lebih mendekat kan diri dengan allah ok………………..

     
  6. mona n puput

    April 17, 2010 at 7:36 pm

    kiamat itu bisa datang kapan saja bila allah mengkehendakinya karna allah maha kuasa entah kapan kiamat akan terjadi mana kala bisa besok atau lusa untuk itu jangan lah menduakan allah karna dalam alquran bersifat tauhid………………..kami tunggu balasannya ya!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  7. arga

    Mei 1, 2010 at 10:15 am

    semoga kita senantiasa mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangan – larangan’nya.

     
    • bromo

      November 6, 2011 at 11:21 am

      sudah taukah kita perintah dan Larangan Allah…? byk org ibadah katanya tapi perbuatan keji dan mungkar masih meraja lela

       
  8. firma

    Mei 6, 2010 at 8:11 pm

    BERTAUBATLAH !!!!!

    QIAMAT SUDAH DEKAAT!!!!!

     
  9. Adi Seta

    Mei 29, 2010 at 6:26 am

    Kiamat m’rupakan Rahasia Allah SWT, kita tak pernah tau kapan akan datang. Namun kita d’tuntut untuk m’perbanyak bekal agar kelak kiamat datang kita sudah siap lahir batin…. jangan p’taruhkan Akhirat hanya dengan kesengan dunia yg s’saat.

     
  10. Widodo

    Juni 1, 2010 at 2:17 pm

    Berat manakah timbangan amal kita, dari mulai kita Akhil Baliq sampai nanti kita meninggal.Ya Allah, Ampunilah segala dosa2 ku yang telah meninggalkan perintah2 Mu, Selamatkanlah aku, dan masukkanlah aku kedalam SurgaMu bersama orang2 mukmin.

     
  11. MANTO

    Juni 6, 2010 at 11:18 am

    WALLAHU ALAM

     
  12. MANTO

    Juni 6, 2010 at 11:23 am

    SESUNGGUHNYA SEMUANYA SERAHKANLAH KEPADA YANG KUASA KITA HANYA MANUSIA TIDAK BISA BERBUAT APA2 AMIA

     
  13. MANTO

    Juni 6, 2010 at 11:25 am

    WALLAHU ALAM

    WALLAHU ALAM

     
  14. fahmi w

    Agustus 4, 2010 at 2:24 pm

    hari kiamat terjadi pada hari jumat setelah solat magrib…

    maka nya shlat magrib pada hari jum’at sypaya ketika kiamat kita msk surga

     
  15. Kakhasi Putra Yoshimitzu

    Agustus 30, 2010 at 12:53 pm

    Sesungguhnya….
    Berbanyaklah Beribadah,Perbanyak Amal Ma’ruf Nahi Mungkar,Ingatlah Qta Pd Yg Kuasa..Banyak” dzikir,Tawakal….InsyaAllah Pastilah Allah Kan Berikan Engkau Kemudahan,Kebaikan,Serta RahmatNYA.

     
  16. ocit

    Agustus 31, 2010 at 3:48 pm

    banyaknya perzinahan dan di anggap sebagai suatu hal bisa kita sudah tau kerusakan moral sudah sedemikian besarnya karna manusia banyak yang bercermin di air yang keruh . keburukan dibanding dengan keburukan …

     
  17. candra

    Juni 30, 2011 at 8:44 pm

    jangan di tanya kapan kiamat tiba,,,,,, tapi bersiaplah kalau seandainya kiamat tiba.

     
  18. tiana

    Desember 16, 2011 at 11:45 am

    sesungguhnya kiamat hanya allah yg tau’.perbnyklah amal kebaikan

     
  19. Reza

    Desember 25, 2011 at 9:59 am

    kita harus percaya dan takut akan hari kiamat dengan begitu kita akan terus beriman dan bertawakal kepada Allah

     
  20. Kmadz MuMetz

    Januari 7, 2012 at 12:10 am

    wajib di ingan buat umat muslim.

     
    • umi fadhilah

      Maret 18, 2012 at 11:51 am

      stuju aku!

       
  21. hartadjitajes@yahoo.com

    Januari 19, 2012 at 3:09 pm

    kiamat kecil sudah terjadi itu peringatan dari alloh, contoh banyak pengkianat menjadi pemimpin,
    banjir, longsor sering terjadi pembunuhan dianggap biasa, perjinahan sudah terang terangan, itu sudah tanda kehancuran, maka marilah kita khususnya umat muslim harus perbanyaklah taubat amal kebaikan jangan membuat perpecahan.

     
  22. andi winawan

    Maret 2, 2012 at 10:01 am

    saya gak percaya dg yesus.krn saya muslim.tuhan tidak punya anak dan diper anak.yesus???????????????? tapi bagiku agamaku,,bagimu agamamu….tks.

     
  23. umi fadhilah

    Maret 18, 2012 at 11:50 am

    kiamat kecil sudah trjadi dimana-mana,berpegang teguhlah kpd alquran

     

Tinggalkan Komentar Anda. Usahakan tidak menggunakan bahasa SMS yang penuh singkatan. Terimakasih atas kunjungannya.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: